Rabu, 09 April 2014

Forum Diskusi Online Facebook Inovasikah?



      A.      PENDAHULUAN
Perkembangan teknologi pada masa kini semakin pesat, dan bisa dikatakan bahwa semakin bertambahnya usia bumi maka teknologi yang dikembangkan akan mengalami kemajuan yang tidak dapat diprediksi seberapa jauhnya. Perkembangan teknologi memudahkan segala urusan di segala bidang.
Dalam bidang pendidikan, penggunaan teknologi sangat berguna dan sudah merupakan keharusan, untuk tercapainya segala tujuan pembelajaran. Seiring dengan berjalannya waktu, telah banyak diterapkan berbagai teknologi baru di dalam dunia pendidikan. Hal ini dipandang sebagai inovasi bagi penerimanya.
Berlajar dengan dibantu dengan teknologi kini bisa dibilang sedang gencar-gencarnya. Salah satu yang sedang trend yaitu pembelajaran online. Penggunaan pembelajaran online dalam pendidikan terus meningkat. Guru dan siswa bisa mengakses berbagai sumber belajar secara online untuk memperkaya pengetahuan mereka. Pembelajaran online menyajikan lingkungan belajar yang interaktif. Terdapat banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan penggunaan pembelajaran online, yaitu diantaranya : keragaman media, mendapat informasi terbaru, mudah mentransfer ilmu serta gagasan, komunikasi yang nyaman, dan biayanya relative murah.
Banyak bentuk dari pembelajaran online yang kini digunakan, diantaranya dengan menggunakan web tersendiri, blog, dan adapula yang memanfaatkan media social. Jurusan kurikulum dan teknologi pendidikan UNJ sudah menggunakan berbagai bentuk pembelajaran online. Berbagai inovasi pendidikan  di adaptasi untuk membantu proses pembelajaran mahasiswa. Mata kuliah difusi invovasi pendidikan menggunakan media social untuk membantu proses pembelajarannya. Salah satu media social yang digunakan yaitu facebook., yang merupakan  media social terlaris pada era ini. Namun kini muncul pertanyaan, apakah penggunaan media social facebook merupakan sebuah inovasi?
Untuk menjawab pertanyaan diatas, diadakan sebuah survey, survey ini untuk mengetahui apakah suatu inovasi bagi seseorang, juga merupakan inovasi bagi orang lain. Dalam hal ini, yang menjadi objek inovasi yaitu forum diskusi pembelajaran di media social facebook. Teknik yang digunakan dalam survey ini yaitu berupa kuisioner, yang hasilnya di masukan dalam sebuah grafik maupun tabel matematika.

      B.      HASIL SURVEI

Dari pertanyaan : “Apakah Forum Group Discussion IDP ini termasuk inovasi dalam mata kuliah ini?”. Terdapat sejumlah mahasiswa menjawab, da nada pula yang tidak. Berikut rinciannya:



       C.      PEMBAHASAN
Jumlah mahasiswa yang menjawab “yes” ada 6 orang, dari keenam orang ini ada 3 mahasiswa yang menjawab dengan sejenis : “forum grup diskusi ini merupakan hal yang baru atau inovasi  bagi mereka, karena mereka belum pernah memiliki pengalaman pembelajaran dengan forum diskusi menggunakan facebook.”
Jumlah mahasswa yang menjawab “no” berjumlah 8 orang. Terdapat 7 orang diantara mereka yang menjawab sama. 7 orang tersebut beranggapan bahwa forum diskusi ini sama saja dengan pembelajaran online yang telah dirasakan sebelumnya.
Jumlah mahasiswa yang menjawab “yes & no” yaitu 18 orang, yang menjawab sama ada 10 orang. 10 orang tersebut menyatakan yes karena pembelajaran jenis ini menggunakan sosial media yang cukup terkenal dan baru bagi mereka. Kemudian no untuk berkelanjutan (karena mereka berpendapat bahwa hanya akan digunakan selama mereka mengampu mata kuliah ini saja). 
Berbagai alasan yang digunakan memang terlihat beragam, namun banyak pula diantara mereka yang menjawab dengan alasan yang hampir sama. Hal ini membuktikan bahwa suatu inovasi bagi seseorang belum tentu juga merupakan inovasi bagi orang lain. Pendapat ataupun alasan yang digunakan responden didasari pada teori teori serta pengetahuan dan pengalaman yang mereka miliki.

      D.      KESIMPULAN
Inovasi berupa forum diskusi online pada social media facebook menuai berbagai pendapat yang diikuti oleh alasan yang mendasarinya. Berbagai alasan yang diungkapkan tersebut beragam isinya. Keberagaman ini didasari oleh pengetahuan, sudut pandang, latar belakang, serta  pengalaman yang dimiliki penggunanya (responden survey).
Sebagian besar responden dari survey ini menjawab bahwa forum diskusi online pada media social facebook merupakan inovasi. Mereka belum pernah memiliki pengalaman pembelajaran dengan menggunakan media social facebook.
Dari sekian banyak hal yang dibahas dalam artikel ini, dapat ditarik sebuah kegunaan yang didapat oleh penggunanya, dengan menggunakan social media seperti ini membuat mahasiswa penggunanya terpicu untuk giat dan rajin belajar dan saling berbagi pengetahuan, sehingga dapat memperluas pengetahuan yang dimiliki.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar